WELCOME TO MY BLOG

23 Februari 2009

Membaca

Seiring dengan hiruk pikuk kehidupan yang melalaikan dan juga banyaknya kesibukan, buku menjadi terabaikan. Waktu yang disediakan untuk membaca bagi kebanyakan orang sangatlah minim. Bahkan, waktu yang semestinya digunakan untuk membaca justru diganti dengan sekedar menonton acara televisi. Jaramg kita temukan orang yang memiliki keinginan untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasannya serta mengembangkan pemikirannya dengan cara membaca buku-buku. Terkadang memang ada yang menyempatkan diri untuk membaca buku dalam waktu-waktu luang, namun jarang sekali ada orang yang mengagendakan waktu khusus untuk membaca, dimana hal itu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.
Kita tentu akan tertawa ketika sebagaian dari mereka ditanya mengenai kegiatan membaca yang dilakukannya, lalu ia menyatakan bahwa ia tidak pernah ketinggalan untuk membaca koran atau majalah sehingga layak disebut sebagai seorang yang terpelajar dan berwawasan luas.kapan lembaran-lembaran koran dan majalah itu menjadi sumber pemkiran dan kebudayaan serta sumber pokok ilmu.
Kadang kita waktu yang hanya sepuluh menit sering diabaikan oleh sebagian orang, lalu ia menganggap tak ada gunanya membaca secara serius hanya dalam waktu sependek itu. Padahal, sebenarnya, jika seorang bisa melakuakan hal itu secara rutin dalam wakti sebulan, itu artinya ia telah membaca selama 300 menit dalam waktu sebulan. Dengan kata lain, ia telah membaca selama lima jam.

0 komentar: