WELCOME TO MY BLOG

23 Juni 2009

Keistimewaan Wanita

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rosulullah telah bersabda, “Berwasiat baiklah kamu pada wanita karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Maka, kalau kamu meluruskannya dengan kekerasan/paksa, pasti dia patah. Dan jika kamu biarkan, dia tetap bengkok. Oleh karena itu, berwasiat baiklah kamu terhadap wanita.”(HR Muttafaq Allaih)

Di bumi ini, tidak ada agam yang sangat memerhatikan dan mengangkat harkat martabat kaum wanita, selain islam. Islam memuliakan wanita dari ia dilahirkan hingga meninggal dunia. Dalam Alquran, Allah SWT telah memberikan perhatian yang sangat khusus kepada kaum wanita, ini terbukti ada dalam surah Annisa (perempuan/wanita).

Ada beberapa hal yang mendorong mengapa wanita selalu menjadi sangat diperhatikan. Yang pertama, jumlah kaum wanita jauh lebih banyak dari pada kaum pria. Perbandingannya adalah 1:4 (surah Annisa ayat 37). Kedua, wanita adalah tiang Negara. Artinya, tegak atau runtuhnya Negara akan sangat tergantung pada kaum wanitanya. Bila kaum wanita salihah(baik), negaranya pun baik’ sebaliknya, bila kaum wanitanya thalihah(jelek), Negara bisa runtuh.

Wanita adalah kunci kebaikan suatu umat. Wanita bagai batu bata. Ia adalah pembangun generasi manusia. Jika kaum wanita baik, baiklah suatu generasi. Sebaliknya jika kaum wanita itu rusak, akan rusak pulalah generasi tersebut. Oleh karena itu, islam meletakan wanita pada tempatnya: melindungi dan dan menghargai wanita. Wanita mempunyai nilai dan fungsi yang tinggi dalam pandangan Allah bila mereka konsisten memegang ajaran dan tuntunan islam. Bahwa Allah telah menciptakan laki-laki dan wanita dari asal yang sama seperti termaktub dalam dalam firman Allah, “Hai, sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu”( QS Annisa :1).

Laki-laki dan wanita disamakan haknya untuk mendapatkan balasan dari Allah berdasarkan amalnya. “Barang siapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita, sedang ia orang yang beriman, mereka itu masuk kedalam surga dan mereka tidak dianiaya, walau sedikit pun.”(QS Annisa :124). Sehingga, tidak ada alasan untuk merasa rendah menjadi seorang wanita karena islam memberikan kedudukan utama kepada wanita Mukminah.

0 komentar: